Skip to main content

Cat Kuku Halal


Cat Kuku Halal Tembus Air Wudhu, Benarkah Ada?

Foto: Inglot Cosmetics

Isu cat kuku "halal" ini muncul sejak pertengahan tahun lalu, saat Inglot Cosmetics, perusahaan asal Polandia, meluncurkan produk barunya yang diberi nama O2M. Dideskripsikan sebagai "breathable nail enamel", cat kuku ini memungkinkan oksigen dan air untuk menembus lapisannya.

Namun cat kuku ini diproduksi bukan demi kepentingan halal. Inglot Cosmetics membuat terobosan ini bagi wanita yang ingin menggunakan cat kuku lebih sering dari biasanya, karena sebenarnya tidak sehat jika kita terus menerus menggunakan cat kuku biasa yang kedap udara dan air secara terus menerus.

Banyak pecinta kuku yang menyambut gembira produk ini, karena mereka beranggapan lapisan yang tembus udara dan air artinya cat kuku ini bisa digunakan untuk berwudhu. Selama ini banyak yang berpendapat tidak sah wudhu seseorang kalau menggunakan cat kuku biasa karena air tidak bisa tembus ke kuku. Dengan adanya cat kuku yang tembus air dan udara ini, logikanya wanita muslim bisa menggunakannya setiap saat.

Namun benarkah klaim tersebut?

Seorang blogger mencoba untuk memverifikasi kebenaran klaim tersebut, dengan meminta informasi langsung kepada Inglot Cosmetic. Faktanya, secara ilmiah, benar bahwa uap air bisa menyerap kedalam lapisan O2M, tapi butiran air tidak bisa menetes melaluinya.

Seorang peneliti muslim Mustafa Umar mencoba mengetes langsung dengan mengoleskan O2M pada kertas penyaring kopi. Setelah cat kuku kering, dia meletakkan kertas penyaring kedua di bawahnya, dan mulai meneteskan dan mengoleskan air pada O2M yang telah kering. Dalam beberapa detik air memang terserap dan membasahi kertas penyaring kedua.

Dalam kesimpulannya dia menyatakan bahwa jelas lapisan kuku yang memakai O2M bisa lembap oleh air, dan bisa digunakan untuk berwudhu, dan lebih baik lagi bila dibasahi lebih lama untuk memastikan terbasuhnya lapisan kuku. Namun tentu saja hal ini masih diperlukan kajian yang lebih lanjut dari segi fiqih.

Namun menurut saya ini adalah sinyal yang baik untuk terobosan yang lebih maju lagi dalam menjawab kebutuhan akan kosmetik halal.


Comments

Popular posts from this blog

Tulisan Alquran 30 Juz

Tulisan Alquran 30 Juz Written by Administrator    Saturday, 17 November 2012 19:13 Al-Quran adalah kitab suci ummat Islam. Al-Quran 30 Juz ini adalah tulisan Arab Al-Quran dalam format Microsoft Word yang lengkap 30 Juz. Al-Quran 30 Juz ini memudahkan kita mengutip, menulis kembali atau untuk koleksi tulisan arab Al-Quran 30 juz. Kalau Anda suka atau dirasa cukup bermanfaat, silahkan beri tanda suka pada link facebook di bagian bawah. link download:   30 Juz.zip (503kb) ::   Download Disini

Cara Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

10 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Buang jauh-jauh pemikiran bahwa menikah muda akan sulit untuk berjalan langgeng! Asalkan orang itu memahami tips-nya, pasangan yang telah menikah di usia muda mampu menjaga keharmonisan rumahtangganya dan senantiasa menjadi pasangan yang abadi. Untuk pasangan muda, berikut artikel penting tentang, “10 Tips yang Menjaga Keharmonisan Rumahtangga”, yaitu: 1. Jangan Pelit Mengatakan “Aku Cinta Kamu” Ada perempuan muda bersuami, apabila dia mengirimi suaminya pesan, di akhir kalimat pada setiap SMS-nya, perempuan muda itu selalu bilang, “Aku Cinta Kamu”. Sekarang cobalah anda terapkan pada pasangan anda. 2. Jadilah Pasangan yang Intim Untuk pasutri mempererat hubungan merupakan modal awal dalam rangka membangun rumahtangga agar selalu harmonis. Kompak, rukun, serta selalu bekerjasama merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dari pasangan. Begitu juga intim saat di tempat tidur. Disinyalir, pasangan suami ist

Prabowo Sindir Wiranto di Film Sang Patriot

TEMPO.CO ,  Jakarta --Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra membela diri atas tudingan menjadi dalang dalam kerusuhan Mei 1998. Pembelaan diri dilakukan bekas Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini melalui film dokumenter berjudul 'Sang Patriot' yang diproduksi partainya. Salah satu bagian film yang berdurasi sekitar 30 menit ini menggambarkan kerusuhan yang melanda Jakarta dan krisis politik yang terjadi pada Mei 1998 lalu. Mahasiswa menggelar demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Soeharto mundur. Mereka berhadapan langsung dengan aparat bersenjata. Kala itu Prabowo adalah Pangkostrad. "Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik kerusuhan ini masih ada sejumlah pertanyaan yang belum bisa dijawab," kata penulis buku Politik Huru Hara Mei 1998, Fadli Zon, dalam testimoninya di film tersebut. "Misalnya, kenapa aparat keamanan tidak mampu untuk mengendalikan (kerusuhan)?" Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra ini, Panglima ABRI saat