Skip to main content

Komet Spektakuler dan Bulan

Komet Spektakuler dan Bulan Memesona Pengamat Bintang


Komet Pan-STARRS mungkin sulit ditemukan di tengah langit malam, tetapi tetap saja banyak pengamat bintang di seluruh dunia terpesona ketika dipasangkan dengan bulan pada Selasa (Maret 2012).

Komet Pan-STARRS saat ini terbang rendah di ufuk barat sesaat setelah matahari terbenam, sehingga sulit dilihat di senja yang cerah. Tetapi pada Selasa malam, bulan sabit akan menjadi panduan bagi pengamat bintang di tengah langit yang bersih dan gelap.

Di bagian barat laut dari Rio Rancho, New Mexico, fotografer langit Josh Knutson dan putrinya yang berusia delapan tahun, Aurora, terpesona saat melihat Komet Pan-STARRS dan bulan bersinar secara berdampingan.

"Kondisi untuk pengamatan yang hampir sempurna, dengan udara yang stabil, dan awan yang tersisa hilang saat matahari terbenam," ujar Knutson pada SPACE.com lewat email. "Putri saya, Aurora, dan saya mampu melihat jelas sejumlah ekor komet dengan mata telanjang."

Bila Knutson dan putrinya tidak menemui masalah untuk menyaksikan komet Pan-STARRS, tidak semua pengamat seberuntung mereka. Ketika mencoba mengambil gambar dari komet dan bulan di Las Vegas, fotografer Tyler Leavitt belajar betapa sulitnya memisahkan Komet Pan-STARRS dari cahaya senja malam.

"Itu sangat sulit," ujar Leavitt dalam email. "Saya pertama kali menemukannya dengan teropong, saya hampir tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang."

Namun, Leavitt berhasil untuk mengambil foto yang luar biasa dari Komet Pan-STARRS dan bulan sabit di langit Las Vegas.

Di Filipina, fotografer langit malam veteran Christopher Go, bahkan membuat video Komet Pan-STARRS di langit malam sambil melacak objek luar angkasa tersebut dengan bulan.

"Langit sangat cerah hari ini, jadi aku bisa membuat sebuah foto yang luar biasa dari bulan dan Pan-STARRS," tulis Go di keterangan fotonya. Go mengatakan ia juga membuat sebuah video yang mengejutkan dari Pan-STARRS dengan latar bulan, yang akan segera disiarkan.

Komet Pan-STARRS secara resmi dikenal sebagai C/2011 L4 (PANSTARRS) dan ditemukan pada Juni 2011 oleh astronom dengan teleskop Panoramic Survey and Rapid Response System (atau PAN-STARRS). Para ilmuwan memperkirakan, komet tersebut membutuhkan waktu lebih dari 100 juta tahun untuk sekali mengorbit Matahari.

Pan-STARRS terbang dengan jarak paling dekat ke Bumi pada pekan lalu dan paling dekat dengan matahari pada Minggu (10 Maret). Benda tersebut adalah salah satu dari beberapa komet terlihat di langit malam tahun ini. The Comet Lemmon telah diamati dengan seksama oleh astronom amatir di belahan bumi selatan sejak Januari, sedangkan Comet ISON — yang dikatakan paling potensial untuk menjadi "komet abad ini" — sedang berjalan menuju bagian dalam tata surya.

Komet ISON akan berada pada jarak paling dekat dengan matahari pada akhir November. Komet tersebut juga bisa malah terbakar, ujar para ilmuwan NASA. Komet itu sedang diawasi secara ketat oleh para astronom NASA dan pengamat amatir.

Pada Minggu (17 Maret), Comet Pan-STARRS akan memberikan penmandangan berbeda yang juga akan membuat takjub pada pengamat bintang: terbang pada jarak dekat dengan Jupiter dan bulan.

Comet Pan-STARRS time- lapseComet PanSTARRS revealed itself above the western horizon for skywatchers in North Carolina on March 13. This video from Meteorologist Brad Panovich in Charlotte, NC, captures a time lapse of Comet P

Comments

Popular posts from this blog

Tulisan Alquran 30 Juz

Tulisan Alquran 30 Juz Written by Administrator    Saturday, 17 November 2012 19:13 Al-Quran adalah kitab suci ummat Islam. Al-Quran 30 Juz ini adalah tulisan Arab Al-Quran dalam format Microsoft Word yang lengkap 30 Juz. Al-Quran 30 Juz ini memudahkan kita mengutip, menulis kembali atau untuk koleksi tulisan arab Al-Quran 30 juz. Kalau Anda suka atau dirasa cukup bermanfaat, silahkan beri tanda suka pada link facebook di bagian bawah. link download:   30 Juz.zip (503kb) ::   Download Disini

Cara Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

10 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Buang jauh-jauh pemikiran bahwa menikah muda akan sulit untuk berjalan langgeng! Asalkan orang itu memahami tips-nya, pasangan yang telah menikah di usia muda mampu menjaga keharmonisan rumahtangganya dan senantiasa menjadi pasangan yang abadi. Untuk pasangan muda, berikut artikel penting tentang, “10 Tips yang Menjaga Keharmonisan Rumahtangga”, yaitu: 1. Jangan Pelit Mengatakan “Aku Cinta Kamu” Ada perempuan muda bersuami, apabila dia mengirimi suaminya pesan, di akhir kalimat pada setiap SMS-nya, perempuan muda itu selalu bilang, “Aku Cinta Kamu”. Sekarang cobalah anda terapkan pada pasangan anda. 2. Jadilah Pasangan yang Intim Untuk pasutri mempererat hubungan merupakan modal awal dalam rangka membangun rumahtangga agar selalu harmonis. Kompak, rukun, serta selalu bekerjasama merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dari pasangan. Begitu juga intim saat di tempat tidur. Disinyalir, pasangan suami ist

Prabowo Sindir Wiranto di Film Sang Patriot

TEMPO.CO ,  Jakarta --Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra membela diri atas tudingan menjadi dalang dalam kerusuhan Mei 1998. Pembelaan diri dilakukan bekas Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini melalui film dokumenter berjudul 'Sang Patriot' yang diproduksi partainya. Salah satu bagian film yang berdurasi sekitar 30 menit ini menggambarkan kerusuhan yang melanda Jakarta dan krisis politik yang terjadi pada Mei 1998 lalu. Mahasiswa menggelar demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Soeharto mundur. Mereka berhadapan langsung dengan aparat bersenjata. Kala itu Prabowo adalah Pangkostrad. "Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik kerusuhan ini masih ada sejumlah pertanyaan yang belum bisa dijawab," kata penulis buku Politik Huru Hara Mei 1998, Fadli Zon, dalam testimoninya di film tersebut. "Misalnya, kenapa aparat keamanan tidak mampu untuk mengendalikan (kerusuhan)?" Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra ini, Panglima ABRI saat