Skip to main content

Sedot Lemak Pascabersalin


Sedot Lemak Pascabersalin, Seberapa Aman?

Ideal Tiga Bulan
Meski sudah ada dan dilakukan sejak cukup lama di luar negeri, operasi bedah plastik pascabersalin baru mulai dipraktikkan di Indonesia sejak pertengahan 90an. Menurut dr. Enrina Diah, SpBp, ketertarikan orang Indonesia terhadap program back in shape instan yang bisa dilakukan pascaoperasi Caesar ini sangat besar, khususnya mereka yang mengalami pelonjakan bobot drastis selama hamil, atau di atas sekitar 18 kg. Ini karena, selain proses yang lebih cepat, seringkali pasien menemukan hasil yang lebih nyata dari operasi bedah plastik daripada berolahraga secara rutin, untuk mengembalikan tubuh ke ukuran semula.
Mengenai proses sedot lemak pascabersalin yang meliputi breast augmentation, liposuction, dan tummy tuck ini, dr. Enrina menyatakan, bahwa operasi sebaiknya dilakukan tiga bulan setelah melahirkan, baik Caesar maupun normal. Menurut beliau, tiga bulan cukup memberikan waktu bagi rahim untuk kembali ke ukuran normal. Selain itu, luka-luka bekas operasi Caesar juga sudah pulih dalam rentang waktu tersebut. Dan ada beberapa pertimbangan lain yang penting berhubungan dengan hal itu. Saat hamil, terjadi penumpukan cairan dalam tubuh. Otot-otot pun meregang karena ukuran janin yang terus membesar. Ini akan membuat hasil operasi kurang maksimal jika dilakukan sebelum waktu yang dianjurkan, karena otot yang masih kendur nggak akan berhasil dikencangkan dalam waktu pemulihan yang sangat singkat. “Di sisi lain, kondisi tubuh yang belum sepenuhnya pulih dapat meningkatkan risiko pasien menjadi dua kali lipat,” kata dr. Enrina, yang juga pemilik Ultimo Aesthetic and Dental Center ini.
Imbangi dengan Olahraga
Operasi bedah plastik untuk membuang lemak tubuh ini memang lebih banyak diminta oleh pasien pascamelahirkan, tapi tak sedikit juga pasien bukan hamil yang datang, yang memang mengalami masalah bobot berlebih. “Mereka yang mengalami penurunan berat badan drastis setelah sekian tahun mengalami overweight juga bisa menjalani prosedur operasi ini, karena mereka membutuhkan pengencangan pada bagian kulit tertentu yang bergelambir karena perubahan berat yang drastis tersebut,” ungkap dr. Enrina, yang menambahkan bahwa rentang usia pasiennya untuk operasi ini adalah antara 30-45 tahun.
Meski tak ada syarat khusus bagi pasien untuk bisa menjalani mommy makeover, beberapa penyakit tertentu yang membahayakan jiwa tetap perlu mendapat perhatian. Pasien dengan riwayat penyakit jantung berat nggak disarankan menjalani prosedur operasi ini, karena terlalu berisiko dan membahayakan dirinya. Sementara itu, pasien dengan hipertensi dan diabetes masih punya kesempatan, karena dokter akan mengontrol kadar gula dan tekanan darah mereka sebelum operasi, untuk kemudian disesuaikan dengan prosedur operasi.
Lebih jauh lagi mengenai mommy makeover, dr. Enrina menjelaskan, bahwa nggak ada pantangan khusus yang perlu dilakukan pasien sebelum dan sesudah operasi bedah plastik. Namun karena operasi ini bertujuan mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil, alangkah baiknya kalau pasien selalu berusaha mempertahankannya, misalnya dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ia juga menambahkan, bahwa menyusui dan mengurus anak sendiri juga efektif membantu memangkas kelebihan bobot pascahamil.

Comments

Popular posts from this blog

Tulisan Alquran 30 Juz

Tulisan Alquran 30 Juz Written by Administrator    Saturday, 17 November 2012 19:13 Al-Quran adalah kitab suci ummat Islam. Al-Quran 30 Juz ini adalah tulisan Arab Al-Quran dalam format Microsoft Word yang lengkap 30 Juz. Al-Quran 30 Juz ini memudahkan kita mengutip, menulis kembali atau untuk koleksi tulisan arab Al-Quran 30 juz. Kalau Anda suka atau dirasa cukup bermanfaat, silahkan beri tanda suka pada link facebook di bagian bawah. link download:   30 Juz.zip (503kb) ::   Download Disini

Cara Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

10 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Buang jauh-jauh pemikiran bahwa menikah muda akan sulit untuk berjalan langgeng! Asalkan orang itu memahami tips-nya, pasangan yang telah menikah di usia muda mampu menjaga keharmonisan rumahtangganya dan senantiasa menjadi pasangan yang abadi. Untuk pasangan muda, berikut artikel penting tentang, “10 Tips yang Menjaga Keharmonisan Rumahtangga”, yaitu: 1. Jangan Pelit Mengatakan “Aku Cinta Kamu” Ada perempuan muda bersuami, apabila dia mengirimi suaminya pesan, di akhir kalimat pada setiap SMS-nya, perempuan muda itu selalu bilang, “Aku Cinta Kamu”. Sekarang cobalah anda terapkan pada pasangan anda. 2. Jadilah Pasangan yang Intim Untuk pasutri mempererat hubungan merupakan modal awal dalam rangka membangun rumahtangga agar selalu harmonis. Kompak, rukun, serta selalu bekerjasama merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dari pasangan. Begitu juga intim saat di tempat tidur. Disinyalir, pasangan suami ist

Prabowo Sindir Wiranto di Film Sang Patriot

TEMPO.CO ,  Jakarta --Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra membela diri atas tudingan menjadi dalang dalam kerusuhan Mei 1998. Pembelaan diri dilakukan bekas Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini melalui film dokumenter berjudul 'Sang Patriot' yang diproduksi partainya. Salah satu bagian film yang berdurasi sekitar 30 menit ini menggambarkan kerusuhan yang melanda Jakarta dan krisis politik yang terjadi pada Mei 1998 lalu. Mahasiswa menggelar demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Soeharto mundur. Mereka berhadapan langsung dengan aparat bersenjata. Kala itu Prabowo adalah Pangkostrad. "Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik kerusuhan ini masih ada sejumlah pertanyaan yang belum bisa dijawab," kata penulis buku Politik Huru Hara Mei 1998, Fadli Zon, dalam testimoninya di film tersebut. "Misalnya, kenapa aparat keamanan tidak mampu untuk mengendalikan (kerusuhan)?" Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra ini, Panglima ABRI saat